Selasa, 27 September 2011

mahluk mitologi diseluruh dunia part 3

Kharon


Kharon adalah pendayung di dunia bawah. Dia adalah anak dari Erebos dan Niks.
Kharon membawa roh orang mati dengan menggunakan perahunya menyeberangi sungai Akheron dan Kharon meminta bayaran berupa obolos, koin perak Yunani. Karena hal ini, orang-orang Yunani kuno selalu meyimpan sekeping koin di mulut jenazah. Mereka yang tak punya koin tersebut tak boleh menyeberang dan menunggu di tepi sungai selama ratusan tahun.
Bulan terbesar planet Pluto juga dinamai Charon.


Pegasus


Pegasus adalah seekor kuda jantan bersayap yang merupakan putra Poseidon dan Medusa dalam mitologi Yunani.Poseidon memperkosa Medusa sehingga Athena mengubah Medusa menjadi monster. Pegasus banyak dijumpai di dalam karya-karya seni baik Yunani, Romawi maupun Mesopotamia. Pegasus merupakan makhluk yang wujudnya menggambarkan adanya hubungan antara dewa-dewa dan iblis atau monster di dalam dunia kuno dan dunia klasik.
Pegasus membantu Bellerofon sang pahlawan dalam perlawanannya melawan Chimaera dan bangsa Amazon. Suatu ketika, Bellerofon mencoba menerbangkan pegasus ke Olympus sehingga para dewa menghukumnya dan menjatuhkan Bellerofon dari Pegasus. Sejak saat itu, Pegasus menjadi pembawa petir untuk Zeus.
Kata "pegasus” kini digunakan untuk merujuk kepada segala macam kuda bersayap secara umum.


Ladon


Ladon adalah seekor drakon yang bergulung dan membelit pohon apel emas di Taman Hesperides. Dia dibunuh oleh Herakles.
[sunting]Dalam mitologi

Ladon memiliki seratus kepala dan bertugas menjaga apel emas Hesperides atas perintah Hera. Ladon adalah anak dari Tifon dan Ekhidna atau mungkin dari Forkis dan keto.
Tugas kesebelas Herakles adalah mengambil apel Hesperides dan memberikannya pada Euristheus. Herakles mendatangi taman Hesperides, membunuh Ladon, dan mengambil apel emas, meskipun dalam versi lain dikatakan bahwa Herakles meminta Atlas untuk mengambil apel emas tersebut.
Ladon digunakan sebagai konstelasi Draco


Lailaps


Lailaps adalah seekor anjing yang tidak pernah gagal menangkap buruannya. Lailaps merupakan hadiah dari Zeus untuk Europa. Anjing ini kemudian diwariskan pada raja Minos. Minos memberikan Lailaps pada Prokris dan Kefalos. Kefalos meyuruh Lailaps untuk memburu Rubah Teumessia, seekor binatang yang tak pernah bisa ditangkap. Maka Lailaps, yang tak pernah gagal menanghap mangsanya, berusaha memburu seekor hewan yang tak pernah bisa ditangkap, hal ini menjadi suatu paradoks. Zeus melihat peristiwa ini dan mengubah kedua hewan tersebut menjadi batu, atau menempatkan mereka di angkasa sebagai konstelasi.
Menurut cerita yang lain, Prokris mendapatkan Lailaps dari dewi Artemis


Lamia


Lamia adalah monster setengah ular yang suka memakan bayi.Lamia awalnya adalah seorang ratu Libya yang cantik tetapi dia dimurkai oleh Hera.

Menurut Diodoros Sikolos, Lamia terlahir sebagai perempuan yang cantik anak dari raja Belos dari Mesir dan sebagai cucu Poseidon dan Lybie. Setelah kematian ayahnya, dia menjadi ratu Libya
Lamia disukai oleh Zeus dan mereka pun melakukan hubungan cinta. Lamia melahirkan beberapa anak dari hubungan tersebut. Hera mengetahui hal tersebut dan membunuh semua anak Lamia. Lamia menjadi gila karena anak-anaknya mati dan kemudian mulai memakan anak-anak orang lain. Lama-kelamaan dia berubah menjadi monster.


Satir


Satir adalah makhluk penghuni hutan-hutan dan pegunungan, dan memiliki hubungan yang dekat dengan Dewa Pan dan Dionisos dalam mitologi Yunani. Biasanya mereka berjenis kelamin pria.
Pemimpin mereka bernama Silenos, Dewa kecil yang mengatur kesuburan. Karakter Satir dalam mitologi Yunani sering disamakan dengan Faun dalam mitologi Romawi. Mereka sering dilukiskan sebagai manusia bertanduk dan berkaki kambing, rambutnya keriting, hidungnya pesek, ekornya tebal dan panjang, telinganya meruncing atau kadang-kadang seperti telinga kuda. Satir yang masih bocah belum memiliki tanduk yang sempurna sedangkan Satir yang tua sudah memiliki tanduk kambing yang sempurna. Biasanya Satir yang sering muncul dalam dongeng-dongeng berjenis kelamin pria, namun kadang-kadang ada Satir betina.
Karakter Satir muncul dalam beberapa pementasan, seperti: “Kiklopss” karya Euripides dan “Satir Yang Mencari” karya Sofokles.
Satyr biasanya senang minum anggur, sehingga akrab dengan Dewa Dionisos. Mereka juga senang bermain seruling, castanet, bagpipe, atau simbal dan tergila-gila untuk menari bersama para nimfa yang mereka kagumi dan mereka idolakan. Mereka memiliki tarian khusus yang mereka sebut Sikinis
Satir tidak hidup abadi sehingga terkena dampak usia tua seperti manusia. Satir jantan yang sudah tua berjenggot dan kepalanya botak. Perilakunya jelek dan tidak senonoh seperti yang digambarkan dalam mitologi Yunani.


Triton


Triton adalah dewa laut dan pembawa pesan di lautan. Triton adalah anak Poseidon dan Amfitrit, dewi laut.. Dia biasanya digambarkan bertubuh setengah manusia setengah ikan. Tubuhnya berwana air laut dan di bahunya terdapat kerang laut.
Triton membawa terompet berebntuk keong yang dia tiup untuk menenangkan atau membuat ombak. Suara terompet tersebut mampu membuat raksasa ketakutan


Seiryuu


The Azure Dragon merupakan salah satu dari 4 simbol constellations. kadang disebut Azure Dragon of the East dan dikenal sebagai Seiryuu di jepang and Cheongryong di korea. Seiryuu melambangkan arah timur dan musim semi.


succubus


Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) dalam mimpi untuk melakukan hubungan seksual sambil menghisap energi mereka hingga kritis atau bahkan sampai meninggal. Succubus sering dikaitkan dan bahkan di samakan dengan lilith. Menurut "Witches Hammer"...succubus mengumpulkan sperma dari korban pria tersebut dan memberikan kepada incubus untuk membuahi korban wanita sehingga tercipta keturunan. Dalam beberapa kepercayaan bahkan di katakan succubus dapat berubah menjadi pria bernama incubus setelah mengumpulkan sperma dari korban pria, malah terkadang succubus di anggap sebagai penyebab mimpi buruk dan sleep paralysis. Penampilan fisik biasanya di gambarkan sebagai wanita yang sangat cantik, sayap mirip kelelawar, dan kadang-kadang beberapa spesifik dari demon yaitu tanduk, ekor, taring. Biasanya menguasai pria melalui mimpi dan bahkan ingatan tentang kecantikannya tidak hilang-hilang sehingga membuat si pria jadi linglung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar