Sabtu, 28 Januari 2012

perang ahir zaman (armagedon)

Sejak berabad-abad lamanya,di dalam kitab-kitab tua,ramalan-ramalan, mitos-mitos purba dan cerita-cerita dari mulut ke mulut, terungkap tentang kisah peperangan maha dasyat yang tidak diketahui kapan akan terjadi. Peperangan akhir ini digelar dalam pelbagai nama mengikut bangsa atau wilayah geografi seperti 'ENDGAME', 'STAR WARS', 'APOCALYPSE', 'THE GREAT TRIBULATION' dan sebagainya. Nama lain yang juga amat popular digunakan untuk mengungkapkan peperangan besar dan universal ini adalah ARMAGEDDON.


Di seluruh dunia, terdapat segelintir pengkaji baik dari ilmuan Islam maupun ahli kitab agama-agama wahyu yang juga disebut agama Ibrahim (Islam, Yahudi, Kristen/Nasrani) telah memerhatikan skenario dunia hari ini dengan amat teliti. Kebanyakan ahli-ahli kitab ini (Yahudi dan Nasrani -- disebut ahli kitab walaupun dari segi syariatnya mereka telah jauh menyimpang dari ajaran asal) amat-amat percaya dengan kedatangan satu peperangan amat besar yang akan mengakhiri segala konflik di atas muka bumi ini.

Peperangan ini juga akan mengakhiri persengketaan besar. Pihak yang menang dalam perang ini adalah di pihak yang benar sedangkan yang kalah adalah di pihak yang salah dan batil. Peperangan inilah yang disebut sebagai Armageddon. Setiap kaum yang mempercayai Armageddon masing-masing percaya kaum merekalah yang menang. Orang Yahudi yang mempercayai mereka adalah bangsa pilihan Tuhan sangat percaya merekalah yang menjadi juara peperangan ini. Orang Kristen juga tidak mau kalah dalam persoalan Armageddon ini. Mereka yang menemui hakikat Jesus akan turun di akhir zaman di dalam Injil untuk mengembalikan yang hak dan memenangkan kebenaran akhirnya amat gembira dan menjadikan ini sebagai hujjah, merekalah (kaum Kristen) akan memenangi peperangan Armageddon yang dahsyat ini. Perkataan 'Armageddon' juga dapat dijumpai dalam 'Wahyu' (Revelation) 16:16.

PENGENALAN PERANG ARMAGEDDON
Perang Armageddon ialah:
-Perang besar dan perang penghancuran
-Perang universal yang berstrategi
-Perang yang dirancang dan dinantikan
-Perang yang amat dekat kemunculannya
-Perang antarbangsa
-Perang yang amat dahsyat dalam sejarah
-Ia adalah awal dari kemusnahan
-Perang yang bermula dengan banyak perjanjian palsu (seperti perundingan damai dan genjatan senjata) sehingga ada orang berkata "perdamaian sudah tiba" padahal yang terjadi adalah sebaliknya.

Apakah Armageddon itu? Benarkah Itu Hanya Sebatas Istilah? Kapan Itu Akan Terjadi…?

Perkataan 'Armageddon' berasal dari perkataan bahasa Yunani yang terdiri dari dua patah kata, yaitu:
1. 'Ar' yang berarti gunung atau bukit (Har dalam bahasa Yunani atau Hebrew)
2. 'Mageddo' (majiddu-arab) yaitu nama sebuah lembah di Palestina, yang membentang dari 'Mageddo' di Utara sampai ke 'Edom' di Selatan di mana jaraknya sekitar dua ratus batu dan sampai ke Laut Putih (tengah) di Barat dan bukit Mohab di Timur yang jaraknya 100 batu.

Pendapat lain: Mageddon (Magiddo) adalah nama kota kuno di wilayah Israel sebelah Utara.
Kota Magiddo terletak di pegunungan Samaria, tempat gunung ini membentang dari Magiddo di Utara sampai ke Hebron di Selatan.

Para ahli militer -- khususnya ahli perang tempo dulu -- memandang bahwa kawasan ini merupakan sebuah tempat yang strategis, di mana setiap panglima yang berhasil menguasai kawasan ini, maka ia akan dengan mudah mematahkan setiap perlawanan musuh.

Kata “Armageddon” adalah sebuah istilah yang sudah dikenal bagi para ahli kitab, yang dapat ditemui dalam kitab-kitab suci mereka. Yang dimaksud ahli kitab adalah orang-orang Yahudi dan Nasrani saja. Bagaimanakah hukumnya menggunakan istilah atau keterangan-keterangan dari para ahli kitab? Rasulullah SAW telah bersabda:
• “Sampaikanlah ajaran-ajaranku walaupun itu hanya satu ayat, dan berbicaralah dari ajaran Bani Israil (Yahudi) di mana tidak ada halangan bagi kalian…..” (HR. Bukhari).
Dan di lain hadits Rasulullah SAW bersabda:
• “Apabila ada ahli kitab yang berbicara (tentang agama), maka janganlah langsung kamu benarkan dan jangan pula langsung kamu dustakan.” (HR. Bukhari)
Di kalangan kaum muslimin istilah Armageddon sama dengan Al-Majidun “kemuliaan”, yaitu Perang Kemuliaan. Hal ini ditemukan dalam beberapa manuskrip yang tersimpan dalam perpustakaan-perpustakaan Islam di Timur Tengah.

Di dunia Barat, Armageddon telah menjadi diskursus yang cukup urgen hingga sekarang, baik kalangan Kristen maupun Yahudi, dari rakyat biasa sampai Presiden. Sebagian mereka menganggap bahwa Armageddon adalah peristiwa jatuhnya meteor ke bumi, padahal itu adalah pemahaman yang salah. Bahkan sebuah film pernah dibuat dengan judul Armageddon yang mengisahkan tentang bongkahan meteor sebesar gunung yang bergerak cepat menuju Bumi, maka dikirimlah utusan atau “Mesias” berupa pesawat luar angkasa yang akan menghancurkan meteor tersebut sehingga tidak jadi ke atmosfir Bumi. Semua itu sangat jauh dari apa yang dimaksud dengan Armageddon itu sendiri. Peristiwa jatuhnya meteor ke bumi hanyalah salah satu episode dalam Armageddon.

Lantas apa hakikat sebenarnya tentang Armageddon?

Sebagai jawaban singkat, Armageddon adalah peristiwa besar di akhir zaman yaitu perang dunia terbesar di akhir zaman yang dimulai dari Magiddon sebuah kota di Israel di pegunungan Samaria.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar