Rabu, 19 Oktober 2011

manfaat kulit apel

ternyata kulit apel itu ada manfaatnya lo...
yuk kita baca manfaat kulit apel


Apel, siapa yang tak kenal buah ini. Buah yang memiliki nama latin Mulus domestica ini sudah berabad - abad lamanya dikenal pada peradaban manusia. Buahnya yang ranum, rasanya yang manis, dan dipercantik dengan tampilan kulitnya yang berwarna merah cerah, hijau dan ada juga yang berwarna kekuningan. Soal manfaat, tak perlu diragukan lagi. Kandungan boron dalam apel dapat membantu wanita mempertahankan kadar estrogen pada saat menopouse (menurut hasil penelitian US Apple Assosiation tahun 1992).

Kandungan zat gizi dalam sajian 100 gr buah apel antara lain 58 kkal energi, 4 gr lemak, 3 gr protein, 14,9 gr karbohidrat, 900 IU vitamin A, 7 mg Thiamin (vitamin B1), 2 mg niacin, 5 mg vitamin C, 6 mg kalsium, 3 mg zat besi, 10 mg fosfor dan 130 mg potassium.

Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, apel mengandung flavonoid paling banyak jika dibandingkan dengan buah - buahan yang lain. Zat ini mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker paru - paru sampai dengan 50%. Belum lagi kandungan fitokimia dalam buah apel yang berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kolesterol jahat (LDL = Low density Lipoprotein), yang potensial menyumbat pembuluh darah. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel-sel atau jaringan pembuluh darah. Pada saat yang bersamaan, antioksidan akan meningkatkan kolesterol baik (HDL = High Density Lipoprotein) yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kemampuan apel sebagai pencegah penyakit juga terdapat pada kandungan karoten dan pektinnya. Karoten memiliki aktifitas sebagai vitamin A dan juga antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes. Pektin juga dikenal sebagai antikolesterol karena dapat mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Makin banyak asam empedu yang berikatan dengan pektin dan terbuang ke luar tubuh maka makin banyak kolesterol yang termetabolisme.

Tapi apakah teman - teman terbiasa membuang kulit apel sebelum memakannya? Jika iya, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Karena kulit apel memiliki khasiat yang tak kalah mengagumkan dibandingkan buahnya.

Menurut penelitian para ahli dari Cornell University Amerika Serikat, hanya apel satu - satunya buah yang mengandung quercetin. Quercetin membuat kulit apel memiliki aktifitas antioksidan dan bioaktifitas lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah apel. Vitamin C yang terdapat pada daging buah apel hanya mempunyai aktifitas antioksidan 1, sementara quecertin mempunyai aktifitas antioksidan 4,7 kali. Berdasarkan hasil analisa dari kulit apel jenis red delicious, para ahli menyimpulkan bahwa troterpenoid yaitu sejenis molekul larut lemak yang secara alamiah terdapat dalam kulit apel, memiliki fungsi sebagai antikanker. Di antaranya dapat menghambat pertumbuuhan kanker usus sebesar 43 persen, dan kanker paru - paru.

Saya mengutip salah satu istilah “One apple a day keeps the doctor away”, sepertinya istilah itu memang patut di praktekkan. Sebuah penelitian baru di Polandia (dalam European Journal of Cancer Prevention) mengungkapkan bahwa makan apel setiap hari secara teratur dapat mengurangi resiko berkembangnya kanker kolorektal (kanker rektum / saluran cerna).

Sebagian orang memilih mengupas kulit apel karena adanya lapisan lilin yang melekat pada kulit apel. Lapisan lilin bertujuan untuk menghambat laju proses pembusukan. Untuk menghilangkan lapisan lilin yang bisanya melekat pada kulit apel dapat dilakukan dengan mencelupkan apel ke dalam air hangat agar lapisan lilinnya mencair, kemudian digosok hingga bersih dan kering.

Selektif dalam memilih apel pun perlu, karena saat ini banyak buah dan sayuran yang terpapar pestisida. Selamat memilih Apel, dan mengkonsumsinya tanpa mengupas kulitnya.


  1. kisah unik suharto
  2. kota terlarang bejing
  3. 23 kematian yang aneh
  4. top10 penjaga gawang terbaik dunia
  5. keindahan kota di jepang
  6. 10 pilot terhebat dan terunik di dunia
  7. faktor yang membuat otak tumpul
  8. manfaat kulit apel
  9. pertunjukan aksi udara terbesar di dunia
  10. keindahan kota di perancis
  11. manfaat Menghisap Payudara
  12. cewe umur 30 tahun yang terlihat seperti remaja
  13. 10 Kematian tragis dalam pembuatan film
  14. 97% remaja indonesia pernah ciuman dan sex
  15. Henry Gaskins Pembunuh Terkejam Yang Pernah Ada
  16. 118 fakta aneh di dunia
  17. Bulan Diciptakan oleh Manusia?
  18. Fakta Menarik Tentang Bulan
  19. 10 Artis porno yang ahirnya bertobat
  20. 5 Fakta Tersembunyi Seputar Operasi Implan Payudara
  21. taukah kalian jika lubang pusar tidak boleh di bersihkan
  22. Cover Terlaris Majalah Esquire
  23. Akibat Berpacaran Lebih Dari 4 Tahun
  24. gambaran neraka
  25. Australia 40 Tahun Mendatang
  26. Misteri Ka'bah menggegerkan NASA
  27. Film bokep pertama di dunia
  28. 7 Hal Yg Membuat Telinga Kita Cepet rusak
  29. Manusia Pertama Di Dunia Versi Israel
  30. 10 Daerah Eksotis yang tidak terjamah oleh peradaban
  31. 6 Keuntungan Tidur Telanjang
  32. Gerakan Tangan/Jari Yang Di Haramkan Oleh Beberapa Negara
  33. Tipe Cewek Seksi Yang Punya Nafsu Seks Gede
  34. cara mengetahui aura wanita cantik
  35. 11 Pekerjaan paling aneh di dunia
  36. manfaat sex
  37. Rainbow Project

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar