Senin, 05 Desember 2011

5 tanda pasangan sudah siap menikah

Dengan tingkat perceraian yang semakin tinggi, membuktikan pernikahan bukanlah hal mudah untuk dijalankan. Walau begitu, pernikahan bukanlah sesuatu yang harus dihindari.


Salah satu hal yang bisa membuat pernikahan bisa berjalan dengan langgeng adalah komitmen yang tinggi. Tidak sampai di situ ada hal-hal lain yang bisa membuktikan bahwa Anda dan pasangan siap untuk menikah. Ini tanda-tandanya Anda dan kekasih telah siap untuk menjalankan kehidupan rumah tangga.

1. Emosi yang Bisa Terkendali
Sekalipun Anda orang yang emosional namun Anda dapat mengendalikan diri ketika pasangan menjadi sangat marah. Begitupun dengan si dia yang bisa menenangkan ketika Anda emosional.

"Anda bisa menjadi 'Yin' ke pasangan Anda yang diibaratkan sebagai 'Yang'," ujar Jacqueline Del Rosario, ahli pernikahan di Amerika, seperti dilansir dari The Stir.

Pertengkaran yang menyulut emosi biasanya didasari dari perbedaan pendapat. Namun Anda dan kekasih mampu mengatasi perbedaan tersebut dengan berbagai cara karena saling belajar dan mamahami pasangan dari perbedaan yang ada.

2. Anda dan Pasangan Bisa Bekerjasama
Mampu bekerjasama satu sama lain merupakan faktor penting dalam pernikahan. Jika selama berpacaran Anda dan pasangan bisa bekerjasama dalam membangun hubungan dan saling berbagi, maka ketika menikah Anda dan si dia kemungkinan besar akan mampu menghadapi masalah-masalah rumah tangga.

3. Finansial yang Matang
Tina Tessina, Ph.D, seorang psikoterapis California menjelaskan, pria akan menikah jika mereka sudah siap dalam segi finansial.

"Pria memiliki jam biologis, 'waktu' mereka berbeda dibanding wanita. Prioritas pria cenderung terfokus pada kematangan finansial sebelum ia memiliki keluarga. Jika ia masih berjuang untuk membayar tagihan, ia tidak ingin menambahkan beban dengan memiliki istri," jelas Tessina, seperti dilansir iVillage.

"Anda sebaiknya mencari pria dewasa yang bisa diperhitungkan. Pria yang berkomitmen pada pekerjaan, keluarga dan teman. Meskipun dia belum siap menikah, setidaknya dia dapat membahas konsep komitmen," saran Tessina.

4. Bertingkah Layaknya Suami dan Istri
April Masini, pengarang 'Date Out of Your League' menjelaskan, "ketika seorang pria siap menikah, ia mulai bertindak seperti suami. Misalnya ia akan membuat rencana untuk masa depan, memperkenalkan Anda kepada teman-teman dan keluarga.

Si dia pun bukan hanya sekedar menelepon Anda setiap harinya, tapi juga ingin memberitahukan rincian kegiatannya dan memiliki keinginan yang besar untuk mendengar tentang kabar Anda. Tidak hanya si dia, Anda pun bertingkah layaknya seperti seorang istri. Hal-hal kecil seperti memasakkan si dia makanan atau inisiatif untuk membersihkan apartemennya sudah menjadi tanda Anda mau menjadi bagian hidupnya.

5. Lebih Hemat
Perubahan pada kebiasaan mengeluarkan uang (dari boros menjadi hemat) merupakan indikasi yang baik kalau Anda dan si dia punya rencana tertentu. Ketika Anda dan dia sudah mulai menyisihkan penghasilan untuk ditabung demi masa depan, maka Anda dan pasangan sama-sama sudah bisa menekan keinginan untuk membeli barang yang bukan termasuk kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar