Rabu, 14 Desember 2011

tips untuk yang susah tidur

Tidak semua orang beruntung bisa langsung terpejam meski sudah beberapa waktu berada di tempat tidur. Banyak dari mereka yang seperti burung hantu, tetap terjaga saat yang lain terlelap. Gangguan sulit tidur bisa disebabkan karena berbagai faktor, namun terutama disebabkan karena stres.


Apa yang kita lakukan sebelum tidur sangat berpengaruh pada kulitas tidur. Sebuah penelitian menemukan rasa mengantuk yang tak kunjung datang bisa disebabkan karena pikiran yang tegang. Karena itu teknik rileksasi bisa membantu mengatasi insomnia ringan. Berikut beberapa kiat yang bisa membantu Anda tidur lebih cepat.

1. Mandi.
Mandi sebelum tidur sangat baik untuk tidur Anda. Isi bak mandi dengan garam atau minyak lavender, hal ini bisa membuat otot-otot lebih rileks sehingga tidur bisa lebih lelap.

2. Hindari kafein.
Minuman yang mengadung kafein, terutama jika dikonsumsi pada sore atau malam menjelang tidur sebaiknya dihindari. Kafein termasuk dalam stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas otak dan semangat.

3. Hindari rokok atau minuman beralkohol.
Berhentilah merokok. Jika Anda tidak mampu melakukannya maka kurangilah jumlahnya, terutama sebelum tidur. Hal ini karena tembakau mengadung nikotin, suatu stimulan. Sementara itu alkohol akan mengganggu pola tidur dalam jangka panjang.

4. Olahraga di pagi hari
Beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga di sore hari. Jika Anda termasuk dalam kelompok ini sebaiknya lakukan maksimal 3 jam sebelum tidur. Olahraga akan meningkatkan aliran darah sehingga membuat Anda sulit beristirahat. Bila memungkinkan, lakukan olahraga pada pagi hari.

5. Jangan menonton TV atau memainkan komputer 30 menit sebelum tidur.
Kita cenderung menutup aktifitas sehari-hari sambil "bersantai" di depan komputer atau TV. Padahal cahaya dari layar komputer akan membuat tubuh berpikir hari masih siang. Akibatnya kantuk pun tidak datang.

6. Mendengarkan musik.
Musik memang membuat tubuh lebih rileks, mamun katakan tidak untuk musik bergenre rock atau pun hiphop. Dengarkan musik pelan dan berirama ritmik yang akan membantu Anda tertidur.

7. Hindari tidur siang 
Agar lebih cepat tertidur di malam hari, hindari tidur siang. Namun jika Anda merasa perlu tidur siang, tidurlah hanya untuk 15 menit. Tidur siang lebih lama dapat membuat lebih sulit terpejam di malam hari.

8. Gunakan aromaterapi
Gunakan aromaterapi untuk mengurangi stres dan membuat tubuh lebih rileks. Campurkan minyak lavender sebagai pewangi di kamar Anda atau pasanglah lilin aromatik untuk meningkatkan kualitas tidur.

9. Kurangi panas 
Orang cenderung lebih mudah tertidur dan tidur lebih nyanyak dalam suhu ruangan yang sejuk. Anda juga bisa menyiasatinya dengan mendinginkan suhu tubuh sebelum tidur karena temperatur yang panas bisa menghambat hormon melatonin.

10. Buang kecemasan. 
Cemas berlebihan pada sesuatu atau hal yang tidak bisa kita kontrol adalah hal yang percuma. Salah satu yang bisa membantu Anda mengurai pikiran yang kusut adalah menuliskan satu persatu berbagai hal yang membebani pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar