Senin, 12 Desember 2011

legenda Zashiki warashi (hantu yang membawa keberuntungan)

"Malaikat yang menjaga rumah"
Konon, dikatakan bahwa jika Zashiki-warashi hadir, rumah tangga akan memiliki banyak uang dan hidup sejahtera.


Habitat: Kamar-kamar belakang rumah tua besar.
Dapat mengambil bentuk baik seorang gadis atau laki-laki.
Umur: Dari tiga sampai sekitar sepuluh tahun.
Dress: Kimono putih atau biru.

Mengambil kesenangan dengan menakut-nakuti orang di tengah malam dan menyebabkan kerusakan. Suka berada di tempat dimana anak-anak berkumpul.

Biasanya di ruang belakang, ruang terdalam dari rumah, tempat yang merupakan ruangan khusus disediakan untuk tamu yang terhormat, upacara pernikahan, dan sejenisnya.


Banyak kisah-kisah penampakan Zashiki-warashi yang telah diceritakan, terutama di Prefektur Iwate.

Zashiki-warashi suka melakukan kenakalan dengan memindahkan bantal dari bawah kepala orang yang sedang tidur. Mereka juga suka mengejutkan orang dengan meletakkan tangan dingin di wajah mereka dan memanjat di atas mereka sementara mereka tidur. Ketika orang melihat mereka, dikatakan, mereka tersenyum manis dan lari.

Zashiki-warashi dapat membuat suara berderak seperti kertas, menggigit hidung, membuat berbagai suara, dan menyodorkan lengan yang panjang dan kurus melewati celah di pintu geser(dapat menjangkau beberapa kaki). Juga dapat menjatuhkan cangkir dan sumpit dari langit-langit.

Bentuk yang diambil oleh Zashiki-warashi

Zashiki-warashi biasanya muncul sebagai anak-anak, tapi kadang-kadang mereka juga mengambil bentuk seekor binatang hitam sekitar 40 sentimeter, bermain-main dan merangkak di sepanjang lantai. Dikatakan mereka juga biasa tampak sebagai titik cahaya atau siluet pada layar geser.



Ada sebuah rumah tua besar di kota Ninohe di Iwate Prefecture yang dikatakan telah dihuni oleh Zashiki-warashi sejak zaman dahulu. Pada tahun 1955 itu menjadi sebuah penginapan yang disebut Ryokufuso. Orang-orang yang pernah tinggal di ruangan terdalam di sana mengklaim telah menjumpai Zashiki-warashi.


Enju no ma

Zashiki-warashi dari Ryokufuso menghuni ruangan terdalam yang disebut enju no ma. Banyak tamu yang tinggal di ruangan ini telah melihat Zashiki-warashi ketika larut malam. Seorang anak berusia sekitar enam tahun, dengan rambut bob dan mengenakan kimono putih atau biru, menyelinap di kepala ranjang dan berbaring di perut orang. Pada saat yang lain tidak ada yang bisa dilihat, tapi orang-orang, terutama orang dewasa, mendengar suara serpihan kayu, siulan burung, atau drum yang dipukul.

Dikatakan bahwa kesuksesan atau keberuntungan yang baik datang kepada mereka yang menjumpai Zashiki-warashi di ruangan dalam. Enju no ma dihiasi dengan mainan dan boneka yang ditawarkan sebagai tanda terima kasih oleh orang yang telah menikmati nasib baik setelah tinggal di sana.

Nenek moyang rumah tangga di Ryokufuso adalah sebuah keluarga bangsawan di Kyoto yang melarikan diri ke utara setelah dikalahkan dalam perang sekitar 650 tahun lalu dan akhirnya menetap di rumah tersebut. Anak dan ahli waris, Kamemaro, meninggal karena sakit pada usia enam tahun. Dikatakan bahwa anak inilah yang kemudian menjadi Zashiki-warashi dan telah mengawasi rumah untuk 650 tahun terakhir.

Pukul 08:20 pada tanggal 4 Oktober 2009, api menyala di ruang boiler Ryokufuso tersebut. Membakar tumpukan tabung gas bertekanan, bola api melalap ruangan berikutnya dan akhirnya menyebar ke seluruh seluruh penginapan.

Untungnya, semua staf dan tamu dievakuasi dengan selamat. Tapi pilar api naik dari Ryokufuso menjadi begitu besar sehingga dapat dilihat dua kilometer dari tempat kejadian. Pagi itu, Ryokufuso, telah terbakar habis semuanya, 3.000 meter persegi. Kecuali satu lokasi. Kuil halaman belakang. Tempat ini selamat dari kebakaran tanpa banyak kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar