Selasa, 15 November 2011

Pancho Villa Bandit yang menjadi pemimpin perlawanan rakyat

José Doroteo Arámbula Arango (5 Juni 1878-20 July 1923) - lebih dikenal dengan nama samaran nya Francisco Villa atau hypocorism nya Pancho Villa - adalah salah satu jenderal yang paling menonjol Revolusi Meksiko.


Sebagai komandan División del Norte (Divisi Utara), ia adalah Caudillo yang sesungguhnya dari negara bagian Meksiko utara Chihuahua yang, mengingat ukurannya, kekayaan mineral, dan kedekatan dengan Amerika Serikat, memberikan dia dengan sumber daya yang luas. Villa juga Gubernur sementara bagian Chihuahua pada tahun 1913 dan 1914. Meskipun ia dicegah dari yang diterima ke dalam "panteón" pahlawan nasional sampai sekitar 20 tahun setelah kematiannya, hari ini ingatannya dihormati oleh orang Meksiko, warga AS, dan banyak orang di seluruh dunia. Selain itu, jalan-jalan banyak dan lingkungan di Meksiko dinamai untuk menghormatinya.

Villa dan pendukungnya hacienda menyita lahan untuk distribusi ke petani dan tentara. Dia dirampok dan dikomandoi kereta api, dan, seperti para jenderal revolusioner lainnya, dicetak uang fiat untuk membayar penyebabnya. Laki-laki dan pendukung Villa dikenal sebagai Villistas selama revolusi dari 1910 hingga sekitar 1920.

Dominasi Villa di Meksiko utara rusak pada tahun 1915 melalui serangkaian kekalahan ia menderita di Celaya dan Agua Prieta di tangan Alvaro Obregon dan Plutarco Elías Calles. Setelah serangan terkenal Villa di Columbus pada tahun 1916, US Army Jenderal John J. Pershing mencoba gagal untuk menangkap Villa dalam pengejaran sembilan bulan yang berakhir ketika Pershing dipanggil kembali sebagai entri Amerika Serikat ke Perang Dunia I terjamin. Villa pensiun pada 1920 dan diberi perkebunan besar yang ia berubah menjadi "koloni militer" untuk mantan prajurit. Pada tahun 1923, ia memutuskan untuk kembali melibatkan diri dalam politik Meksiko dan sebagai hasilnya dibunuh, kemungkinan besar atas perintah Obregon.

Pada tahun 1910, Revolusi Meksiko dimulai, dengan pro-demokrasi Madero itu, anti-reeleccionista relawan menghadapi pasukan federal Díaz itu Sebagai penyebaran revolusi, Villa bergabung dengan pasukan Madero dan dibantu dalam memenangkan Pertempuran pertama dari Ciudad Juárez pada tahun 1911..
Semua di Meksiko, relawan Madero memenangkan kemenangan, mengemudi Díaz ke pengasingan.
Villa, bagaimanapun, sangat tidak setuju dengan keputusan Madero untuk nama Venustiano Carranza, yang sebelumnya menjadi pendukung setia Diaz sampai Diaz menolak untuk menunjuk dia sebagai Gubernur bagian Coahuila tahun 1909, sebagai Menteri Perang nya .

Ketika salah satu komandan militer Madero itu, Pascual Orozco, memulai counterrebellion terhadap Madero, Villa mengumpulkan pasukannya mount nya kavaleri dan berjuang bersama Jenderal Victoriano Huerta untuk mendukung Madero.
Namun, Huerta dilihat Villa sebagai pesaing yang ambisius, dan kemudian Villa dituduh mencuri kuda dan pembangkangan, ia kemudian harus Villa dijatuhi hukuman eksekusi dalam upaya untuk menyingkirkannya. Kabarnya, Villa berdiri di depan regu tembak menunggu ditembak ketika telegram dari Presiden Madero diterima Komuter hukuman penjara, dari mana Villa kemudian melarikan diri setelah hanya melayani periode singkat di penjara Selama penahanan Villa,. Gildardo Magaña Cerda, seorang Zapatista yang berada di penjara pada saat itu, memberikan kesempatan pertemuan yang akan membantu untuk meningkatkan membaca yang buruk dan keterampilan menulis, yang akan melayani dengan baik di masa depan selama pengabdiannya sebagai gubernur sementara negara bagian Chihuahua.

  1. Mistery dibalik istana "HAMPTON COURT"
  2. misteri hilangnya harta karun bangsa inca
  3. misteri kamar paling angker di inggris
  4. misteri mayat di atas kubah masjid nabawi
  5. misteri petit trianon
  6. misteri USO
  7. misteri keluarga yang berjalan merangkak
  8. misteri garis nasca yang belum terpecahkan
  9. misteri istana cleopatra di dasar laut
  10. misteri hutan batu lena"saksi kehidupan bumi"
  11. misteri kematian adolf hitler
  12. misteri monster yeti
  13. misteri kisah pemuda yang mempu menciptakan hujan dan melawan gravitasi
  14. menguak mistery manusia yang dapat mengeluarkan api
  15. 10 kapal hantu paling misterius
  16. legenda kapal hantu lady lovibund
  17. misteri kapal hantu ourang medan
  18. mahluk terbang misterius pada tragedi 911
  19. misteri kerajaan shambhala
  20. red mist(episode misterius serial spongebob)
  21. 6 lokasi penuh misteri di dunia
  22. misteri batu berjalan di california
  23. blue ice fenomena
  24. misteri mahluk cadborosaurus
  25. 6 mahluk aneh dan mengerikan
  26. misteri lampu abadi yang terus menyala
  27. misteri batu pirus persia
  28. rahasia stonehenge
  29. misteri georgia guide stone
  30. misteri guci romawi yang belum terpecahkan
  31. teror boneka hantu
  32. misteri kehidupan manusia dibawah tanah
  33. misteri kutukan raja fir'aun tutankhamun
  34. fenomena dejavu yang misterius
  35. 7 misteri tentang segitiga bermuda
  36. sejarah dan misteri kartu tarot
  37. misteri jabal maghnet
  38. misteri kota berdinding batu
  39. misteri mukjizat nabi musa
  40. number station yang masih menjadi misteri
  41. misteri diri sendiri yang misterius
  42. spear of destiny
  43. misteri kutukan benda bersejarah
  44. lukisan misterius yang meramalkan tragedi 911
  45. misteri mahluk aneh dari antartika
  46. misteri terunyan di bali
  47. 10 mahluk gaib yang suka berhubungan sex dengan manusia
  48. material misterius muncul di kutub utara
  49. misteri ujoung lhok samatiga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar