Rabu, 23 November 2011

THE SIXTH SENSE (FILM HOROR TENTANG ANAK YANG MEMPUNYAI INDRA KE ENAM)


Shyamalan yang berdarah India menyajikan kisah yang jarang dieksplorasi perfilman Hollywood. Tentang seorang anak yang mempunyai indera keenam. “Kelebihan” yang tak jarang membuat si empunya ketakutan setengah mati.


Apalagi bagi anak sekecil Cole (Haley Joel Osment, dengan penampilan menawan). “I see dead people, “ rintihnya pada Dr Crowe (Bruce Willis), psikiater yang membantunya menjalani hari – harinya yang pahit. Bagi anak seusianya dengan kemampuan yang dimilikinya, Cole memang tumbuh menjadi anak yang pemalu, pendiam dan dianggap aneh oleh teman – temannya. Ibunya sendiri (Toni Collette) pun tak dibaginya rahasia itu.


Namun ada saatnya Cole harus menghadapi akibat dari kemampuan yang dimilikinya, bukannya terus menerus menghindar. Maka ia pun mulai mencari tahu apa arti dari kehadiran makhluk gaib yang biasa dilihatnya pada saat malam. Dan berbeda dari kebanyakan hantu di film nasional, hantu di Sixth Sense muncul untuk sebuah alasan jelas : mereka memerlukan pertolongan dari yang hidup. Dan Cole pun harus menjalankan “tugas” itu.

Sebagai horor, Sixth Sense memenuhi khittah-nya. Namun ia pun tak melupakan kodratnya untuk menyajikan tontonan yang baik. Juga sebagai tontonan yang logis, yang teramat sering diabaikan dalam perfilman kita (tak hanya dalam genre horor). Shyamalan menuntun kita, memenuhi rasa ingin tahu kita akan kemunculan hantu – hantu itu (yang meski tak digambarkan semengerikan yang diperlihatkan dalam film kita, namun tak kurang membuat penonton terhenyak). Dan di akhir cerita, membuat twist yang luar biasa. Amat tak disangka – sangka oleh sebagian besar penonton.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar