Rabu, 23 November 2011

The International


Film ini menceritakan tentang seorang agen Interpol bernama Louis Salinger bersama seorang partnernya Eleanor Whitman seorang pengacara yang bekerja pada distrik Manhattan, New York. Keduanya menyelidiki kasus penjualan misil ke China dan Turki yang dilakukan oleh sebuah bank Internasional IBBC (International Bank and Business Credit). Pemeran utama dimainkan oleh Clive Owen sebagai agen Louis Salinger dan Naomi Watts sebagai Eleanor Whitman.


Cerita berawal dari terbunuhnya Tommy, partner kerja Salinger ketika sedang mencari informasi tentang penjualan senjata misil di Berlin yang diduga akan dilakukan IBBC kepada Turki dan China. Dengan terbunuhnya Tommy tersebut semakin menguatkan dugaan bahwa memang benar IBBC akan melakukan penjualan misil kepada kedua pihak tersebut. Kemudian di susul kematian seorang whistle blower bernama Umbro Calvini pemilik perusahaan Calvini Defense yang bergerak pada bidang pembuatan dan penjualan sejata. Calvini merupakan informan Salinger untuk masalah penjualan senjata yang dilakukan oleh IBBC di Italia.IBBC digambarkan sebagai penguasa tunggal yang menguasai segala kehidupan yang ada di sekitar lingkungannya. Dengan kekayaan yang ada IBBC mempunyai kuasa akan segala hal. Sehingga setiap gerak-geriknya seakan-akan tidak tersentuh dan mendapat back up atau ‘bantuan’ dari orang yang tidak diketahui wujudnya. Kasus-kasus yang ada sangkut-pautnya dengan bank tersebut tidak terselesaikan secara tutas. Atau kasusnya dianggap tidak mempunyai bukti yang kuat sehingga putus ditengah jalan.


Kepentingan merupakan salah satu yang menjadi alasan mengapa setiap apa yang di lakukan oleh IBBC menjadi samar-samar bahkan mengindikasikan untuk disembunyikan keberadaanya dari publik. Berbagai kepentingan yang melekat pada setiap tindakan yang dilakukan oleh IBBC menjadikannya kebal terhadap hukum yang berlaku. Mengakibatkan semua kasus yang melanda dan menyangkut akan keberadaan atau eksistensi IBBC menjadi perhatian para petinggi pemegang kepentingan.Dengan sumber kekayaannya ia membeli kekuaasaan. Segala hal dilakukan untuk meloloskan niatnya dalam menjual senjata, bahkan memberikan bantuan dana pada negara-negara yang sedang berkonflik seperti di Afrika. Salinger muncul sebagai seorang yang sedang mencari kebenaran akan hal itu. Walaupun ia dan Eleanor mendapat banyak kesulitan dalam mengungkap kasus tersebut ia terus berjuang demi terungkapnya kebenaran tersebut.Sumber kekuasaan yang ada pada IBBC berasal dari kekayaan yang dimilikinya. Maka dari itu IBBC dapat memperolah kekuasaan yang tak terbatas. Digambarkan pada film itu IBBC bahkan sanggup menbayar seorang perwira tinggi polisi untuk melancarkan aksi pembunuhan di Italia. Dengan banyaknya infiltrasi yang dilakukan oleh IBBC tidak mustahil bahwa IBBC mampu mengendalikan keadaan yang ada disekitarnya.

Pada akhir cerita dilukiskan bahwa semua kejahatan dan tindakan yang dilakukan oleh IBBC dibocorkan oleh media massa. Media mengungkap kasus kejahatan, penjualan senjata, serta konspirasi yang dilakukan oleh IBBC kepada berbagai pihak yang mendukung setiap tindak tanduk IBBC di dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar