Selasa, 01 November 2011

The Prestige

The Prestige

Jenis: Thriller, Drama, Fiksi Ilmiah
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Hugh Jackman, Christian Bale, Michael Caine, Scarlett Johansson
Penulis: Christopher Nolan dan Jonathan Nolan
Sinematografi: Wally Pfister
Musik: David Julyan
Durasi: 133 menit
MPAA Rating: PG-13

Ada garis tipis yang membedakan sulap dengan sihir. Itulah mengapa jika David Copperfield melakukan trik, semua orang yakin itu hanya tipuan, bagaimanapun hebatnya triknya. Namun jika Grigori Rasputin yang melakukannya, tidak akan ada yang berani mendekat, sekecil apapun triknya. Film ini tentang apa? Sebenarnya mengenai sulap. Namun berkembang menjadi sesuatu yang kurang logis sehingga bisa disebut sihir.


The Prestige adalah judul yang ambigu. Arti pertama adalah babak terpenting dalam sulap. Babak pertama disebut The Pledge yang menunjukkan objek serta situasinya. Babak kedua disebut The Turn dimana sihir itu bekerja (atau sebut saja sebuah objek bisa menghilang)—tetapi penonton belum bisa bertepuk tangan. Dan babak ketiga disebut The Prestige, dimana keadaan bisa muncul kembali seperti semula. Di sini klimaksnya. Arti kedua judul itu adalah harga diri. Itulah yang diputar-putar oleh Nolan bersaudara selama dua jam lebih.

Ini bagian The Pledge. Alkisah, di London abad lalu, ada dua pesulap yang bersahabat. Namun persahabatan itu akan menjadi persaingan. Dan persaingan itu akan mematikan. Mereka adalah Alfred Borden (Christian Bale) dan Robert Angier (Hugh Jackman). Mereka bekerja bersama dengan pesulap tua Cutter (Michael Caine) dan istri Robert, Julia (Piper Perabo). Ada kesalahan teknis dilakukan oleh Alfred yang membuat Julia meninggal tenggelam di dalam kotak terisi penuh dengan air.

Robert menyalahkan Alfred dalam kasus ini. Mereka berpisah. Cutter tahu bahwa Alfred adalah pesulap yang hebat—lebih hebat daripada Robert, tetapi bukan penghibur yang baik. Mereka saling bersaing menemukan trik terbaru dan saling memecahkan trik itu untuk membunuh (nyawa, karir) satu sama lain. Dan satu sulap yang dinamakan “The Transported Man” menjadi babak persaingan mereka untuk membuktikan siapakah Transported Man sejati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar